Gerakan Yoga yang Aman untuk Penderita Spondilolistesis

Hampir semua gerakan yoga bermanfaat untuk meningkatkan fleksibilitas otot dan persendian serta menjaga tulang belakang yang sehat. Namun, kondisinya berbeda jika Anda menderita spondylolisthesis. Orang dengan spondylolisthesis harus memastikan bahwa gerakan yoga cukup aman dan tidak memperburuk kondisi tulang belakang.

Spondylolisthesis dicirikan oleh perpindahan vertebra ke arah anterior sehingga menutupi vertebra yang mendasarinya. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit, terutama ketika Anda melakukan gerakan yang menyebabkan tulang belakang menekuk.

Gerakan Yoga yang Aman untuk Penderita Spondilolistesis

Karena itu, pasien spondylolisthesis disarankan untuk menghindari pose yang melibatkan banyak otot punggung. Inilah beberapa pose yoga yang lebih aman:

1. Berpose pahlawan
Pose pahlawan adalah pose yoga terbaik untuk orang yang bermeditasi spondylolisthesis. Pose ini juga berguna untuk melenturkan otot paha, mengembalikan lengkungan tulang belakang normal, memperbaiki postur dan memberikan ketenangan.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Mulailah dengan posisi berlutut di atas matras. Tekuk kaki Anda, lalu duduk dengan tumit. Letakkan tangan Anda di atas paha dengan telapak tangan menghadap ke bawah.
Tekan kedua kaki pada matras, lalu luruskan tubuh agar tulang belakang mengikuti bentuk normalnya. Gerakkan bahu Anda ke belakang, lalu perlahan-lahan angkat dada Anda.
Biarkan wajah, rahang dan perut rileks. Ambil napas dalam-dalam melalui hidung Anda, lalu buang napas perlahan.

2. Pose anjing diperpanjang
Pose anjing yoga yang panjang berguna untuk memperpanjang dan menormalkan bentuk tulang belakang pasien dengan spondylolisthesis. Pose ini juga dapat melenturkan punggung bagian atas, bahu dan lengan.

Berikut langkah-langkahnya:

Beristirahatlah di atas tikar menggunakan kedua tangan dan lutut seperti meja. Tetap telungkup.
Pertahankan posisi lutut dan kaki Anda, lalu gerakkan tangan Anda ke depan. Terus meluruskan tubuh dan tangan sampai lurus.
Saat Anda mengeluarkan napas, pindahkan bokong Anda ke belakang. Jaga tangan Anda tetap lurus, jangan biarkan siku Anda menyentuh matras.
Sekarang, dahi Anda bisa menyentuh keset. Biarkan leher dan punggung Anda rileks. Bernapas perlahan dan teratur 4-8 kali.

3. Berbaring ke depan membungkuk ke depan
Pose yoga ini dapat memperkuat otot perut dan punggung serta melenturkan otot-otot paha pasien spondylolisthesis. Postur yang dilatih dalam pose ini juga bermanfaat untuk sistem pencernaan, buang air kecil dan saraf di dalam tubuh.

Fase-fase itu adalah sebagai berikut:

Berdirilah dengan kedua kaki selebar bahu. Pastikan berat badan Anda merata di kedua kaki.
Tekuk tubuh sampai kepala menghadap ke lutut. Jika memungkinkan, letakkan tangan Anda di lantai dan jaga agar kaki tetap lurus.
Tarik napas dan buang napas 4-8 kali.

4. Instalasi tahan angin
Penderita spondylolisthesis dapat menggunakan pose yoga ini untuk mengembalikan kelengkungan tulang belakang. Anda juga tidak perlu khawatir tentang risiko rasa sakit karena ini relatif mudah dan sangat aman untuk pemula.

Langkah-langkahnya meliputi:

Mulailah berbaring telentang, lalu tekuk lutut dan bawa ke dada.
Peluk lutut Anda dengan kedua tangan. Pastikan kedua tangan saling menyentuh siku, lengan, pergelangan tangan atau jari.
Tekuk dagu ke arah dada, lalu jaga agar bahu Anda tetap dekat dengan lantai. Biarkan kaki dan hidup Anda rileks.
Tarik napas dan buang napas dalam-dalam 4-8 kali.

5. Berbaring bintang berujung lima
Pose yoga untuk penderita spondylolisthesis tidak hanya aman, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan tulang belakang. Pose bintang berujung lima membantu mempertahankan bentuk normal tulang belakang dengan memperbaiki postur tubuh.

Berikut langkah-langkahnya:

Berdiri tegak dengan kedua kaki terpisah. Rentangkan tangan Anda ke samping. Kaki harus sejajar dengan pergelangan tangan.
Peras lutut dan paha Anda. Kaki Anda akan terasa kuat dan kuat.
Saat Anda meregangkan lengan lagi, rilekskan bahu Anda. Pindahkan pakaian Anda ke belakang dan perlahan-lahan angkat dada Anda.
Tarik napas dan buang napas 4-8 kali.
Yoga akan memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa bagi penderita spondylolisthesis, asalkan pose ini aman untuk kondisi tulang belakang. Selain lima pose di atas, Anda juga bisa membuat berbagai pose lain dengan prinsip serupa.

Selama yoga, Anda masih memahami kebutuhan tubuh Anda. Jangan memaksakan posisi yoga yang menyebabkan ketidaknyamanan atau risiko cedera. Jika tubuh mulai merasakan sakit, hentikan aktivitas dan istirahat sejenak.

Baca Juga :

Leave a Reply