Ragam Manfaat Kacang Hijau Bagi Tubuh

Ragam Manfaat Kacang Hijau Bagi Tubuh

Konten tindak lanjut tinggi dalam kacang hijau, baik untuk wanita hamil. Kacang hijau kaya nutrisi dan jelas memiliki banyak manfaat kesehatan.

Kacang dalam bahasa Latin, disebut Vigna radiata, termasuk dalam kategori kacang-kacangan. Kacang hijau awalnya berasal dari India dan kemudian menyebar ke Cinda dan Asia Tenggara. Aroma manis dan lezat membuat kacang hijau sangat populer di masyarakat. Umumnya, kacang hijau dalam bentuk bubur disajikan sebagai hidangan manis.

Tidak hanya enak, ternyata kacang hijau kaya nutrisi. Kacang hijau adalah sumber protein nabati dengan kandungan asam amino esensial yang tinggi seperti fenilalanin, leusin, isoleusin, valin, lisin, arginin dan banyak lagi lainnya. Dalam 202 gram kacang hijau yang dimasak, mengandung:

Ragam Manfaat Kacang Hijau Bagi Tubuh

Ragam Manfaat Kacang Hijau Bagi Tubuh

  • 212 kalori
  • 0,8 g lemak
  • 14,2 g protein
  • 38,7 g karbohidrat
  • 15,4 g serat
  • Asam folat: 80% FEI (referensi dosis harian)
  • Mangan: 30% RDI
  • Magnesium: RDI 24%
  • Vitamin B1: 22% RDI
  • Fosfor: 20% RDI
  • Besi: RDI 16%
  • Kalium: 15% RDI
  • Seng: RDI 11%

Ini juga mengandung B2, B3, B5, B6 dan selenium. Rekomendasi konsumsi harian memberikan informasi tentang kebutuhan tubuh Anda dalam sehari. Jadi jika kandungan folat tertulis adalah 80% dari FEI, itu berarti bahwa makanan tersebut telah memenuhi 80% dari kebutuhan folat dalam satu hari.

Tingkat antioksidan dalam kacang hijau mengurangi risiko penyakit kronis
Kacang hijau kaya akan antioksidan seperti asam fenolik, flavonoid, asam caffeic, asam cinnamic dan lainnya. Antioksidan bekerja dengan menetralkan radikal bebas.

Kerusakan tubuh yang bisa disebabkan oleh radikal seperti peradangan kronis, penyakit jantung, kanker dan penyakit lainnya. Menurut penelitian, antioksidan kacang hijau dapat menetralkan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas yang terkait dengan pertumbuhan kanker pada sel paru-paru dan lambung.

Antioksidan vitexin dan isovitexin dapat mencegah serangan panas
Kacang hijau mengandung antioksidan vitexin dan isovitexin. Penelitian telah menunjukkan bahwa mereka dapat melindungi sel dari radikal bebas.

Menurunkan kolesterol jahat
Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dalam kacang hijau dapat menurunkan kolesterol dan mencegah partikel kolesterol jahat berinteraksi dengan radikal bebas. Studi lain mengklaim bahwa 130 gram kacang hijau dapat menurunkan kolesterol darah. Hasil penelitian lain menunjukkan bahwa walnut (kecuali kedelai) dapat menurunkan kolesterol hingga 5%.

Kadar kalium, magnesium, dan serat dapat menurunkan tekanan darah
Kacang hijau dapat membantu menurunkan tekanan darah karena merupakan sumber potasium, magnesium, dan serat yang baik.

Kandungan serat dan pati dalam kacang hijau dapat mendukung kesehatan pencernaan
Kacang hijau mengandung serat larut yang disebut pektin. Pektin dapat membantu menjaga kesehatan usus. Pati dan serat dalam kacang hijau membantu menjaga bakteri baik di usus dan memperkuat sistem kekebalan di usus.

Kacang hijau menjaga kadar gula darah stabil
Kacang hijau memiliki beberapa bahan yang dapat membantu menjaga kadar gula darah stabil. Kacang hijau kaya serat dan protein, yang memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa antioksidan vitexin dan isovitexin dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan efek insulin.

Kacang hijau membantu Anda menurunkan berat badan
Kacang hijau kaya serat dan protein, yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa serat dan protein dapat menekan hormon penyebab kelaparan.

Folat dalam kacang hijau menjaga kesehatan selama kehamilan
Selama kehamilan, ibu hamil umumnya disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya folat. Asam folat sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal pada anak-anak.

Dalam kacang, 202 gram kacang hijau mengandung 80% asam folat RDI. Ini juga kaya akan zat besi, protein dan serat yang dibutuhkan selama kehamilan.

Baca Juga :

Leave a Reply